Cara Ternak Jangkrik Sampai Panen Lengkap

Cara Ternak Jangkrik Sampai Panen Lengkap

Cara Ternak Jangkrik

Bagaimana cara ternak jangkrik untuk mendapatkan uang? Memang sudah menjadi rahasia umum bahwa jangkrik adalah salah satu pakan hewan ternak yang sangat digemari. Tidak heran banyak orang yang membudidayakan jangkrik demi mendapatkan uang.

Semakin hari cara ternak jangkrik mulai berkembang seiiring dengan kebutuhan akan pakan hewan peliharaan. Terkebih dijaman yang serba modern ini peternak jangkrik mulai memberlakukan budidaya jangkrik cara baru.  Dengan demikian produksi hewan mungil ini akan semakin bertambah.

Bagaimana Cara Ternak Jangkrik Terbaru?

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal harus pintar terlebih dahulu dalam memilih jenis jangkrik yang ada. Kalau tidak salah ada beberapa jenis seperti kalung madu, Upo, Aduan, Sliring Alam, genggong, Gangsir Putih. Beberapa jenis jangkrik tersebut sangat direkomendasikan untuk dijadikan pakan binatang peliharaan.

Bagi yang masih bingung kita akan membahas cara ternak jangkrik dari awal sampai panen maksimal. Cara ternak jangkrik tergolong mudah dan tidak begitu ribet sebetulnya. Hanya saja jika memang pertama kali dan belum mengenal hewan ini akan cukup susah.

Selain menjelaskan tatacara budidaya jangkrik, disini akan dibahas juga bagaimana stategi promosi untuk memasarkan hasil panen jangkrik, walaupun dalam kenyataannya tidak sulit karena orang akan datang dengan sendirinya karena mereka sangat butuh untuk pakan hewan peliharaannya.

Untuk itu cara ternak jangkrik paling simple saja sudah cukup untuk mendirikan usaha ternak jangkrik rumahan. Nantinya jika berkembang anda bisa membuat stategi baru untuk menyusun kembali skema seperti apa yang akan digunakan agar bisnis ternak jangkrik ini berkembang.

Sebenarnya apa sih keuntungan ternak jangkrik?

Bagi pemula yang mungkin kurang tahu, ada beberapa keuntungan yang diproleh dari membudidayakan janrik diantaranya :
  1. Membantu Membuat Pakan Burung
  2. Menambah Wawasan
  3. Menambah Pengalaman
  4. Mendapatkan Hasil dari Penjualan
Beberapa keuntungan tersebut dapat anda dapatkan apabila mencoba untuk melakukan ternak jangkrik. Setelah mengetahui apa saja kelebihan daripada ternak jangkrik ini, ada baiknya mengenal kelemahan dari ternak jangkrik ini juga.
  1. Tempat Untuk Mengelola
  2. Biaya yang tidak sedikt
  3. Membutuhkan tenaga yang lebih karena harus di cek berulang
  4. Sedikit terganggu dengan keberadaan jangkrik, apalagi suaranya.
Bagaimana apakah masih mau lanjut untuk menernak jangkrik? Jika masih berkanan dan ingin mengetahui cara membudidayakan jangkrik dengan baik dan benar silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Cara Ternak Jangkrik Paling Mudah dan Pasti Panen

Biasanya ketika masa panen bagus dan cepat maka hasil yang didapatkan akan sama.

Dalam sistem logika, coba anda pikirkan dengan cepatnya panen maka biaya, pikiran dan tenaga yang dikeluarkan akan semakin sedikit dan uang yang masuk akan semakin cepat.

Perlu diketahui bahwa saat jangkrik berubah kulit yang terakhir, itu adalah masa panen. Awas jangan salah mengartikan dengan menghitung umurnya.

Pada umumnya jangkrik akan panen dalam kurun waktu 1 bulan dengan syarat pengelolaan yang baik.

Sebelum mengetahui cara untuk beternak, anda harus tahu terlebih dahulu alasan budidaya jangkrik. Dengan demikian kita mulai ke langkah pertama.

1. Menentukan Dimana Letak Kandang Jangkrik

Pertama-tama adalah memilih lokasi untuk mendirikan kandang. Tujuan utama anda bisa mendorong untuk menentukan tempat kandang nanti. Jika tujuan untuk bisnis alangkah baiknya membuat sebuah kios untuk tidak mengganggu aktivitas di rumah.

Namun jika ingin ternak jangrik hanya untuk hobi saja bisa membuatnya di belakang rumah. Jangan lupa juga untuk memperhatikan suhu disekitar, biasanya jangkrik kurang senang jika ditempatkan di suhu dingin.

Jika disimpan dalam suhu panas jangkrik akan kepanasan hingga mati. Untuk mendapatkan tempat yang ideal bisa anda perkirakan apakah cocok atau tidak. Karena setiap tempat berbeda situasi dan kondisi.

2. Menentukan Kandang Jangkrik Seperti Apa yang Akan Digunakan


Setelah mendapatkan lokasi yang pas waktunya untuk membuat kandang. Agar jangkrik merasa nyaman anda perlu memperhatikan beberapa aspek seperti sirkulasi udara, tempat berdiam dan lain sebagainya.

Penambahan wadah telur disertai dengan daun pisang kering atau dedaunan kering bisa membuat jangkrik mudah bertelur dan nyaman tinggal disana karena terasa seperti alam bebas.

Karena biasanya jangkrik suka dengan tempat yang sunyi dan gelap alangkah baiknya membuat tutup dua lapis. Pertama bisa menggunakan jaring agar tidak mudah lepas kemudian yang kedua menggunakan kain supaya nampak gelap.

3. Menyediakan Pakan Jangkrik yang Ideal

Bisa dibilang ini adalah penentu apakah ternak jangkrik yang kita lakukan berhasil atau tidak. Disini cara perawatan jangkrik sangat menentukan (pemberian minum dan pakan).

Biasanya saat telur sudah menetas dan berubah menjadi larva kita wajib untuk memberikan makanan yang ideal agar pertumbuhan berjalan dengan baik.

Beberapa makanan yang bisa di konsumsi untuk kelangsungan hidupnya adalah :
  • Voor (Pakan ayam)
Voor adalah pakan ayam, namun bisa menjadi makanan utama dari jangkrik. Hal ini perlu dilakukan untuk mendorong pertumbuhan jangkrik.

Kelebihan lain menggunakan Voor sebagai makanan utama adalah bisa di dapatkan dengan mudah dan dengan harga yang terjangkau. Selain itu kandungan gizi dalam Voor ini akan meningkatkan kualitas jangkrik.
  • Sayuran dan buah-buahan
Yang ini pasti semua peternak jangkrik sudah tahu. Sayuran adalah salah satu makanan kesukaan jangkrik karena mengandung gizi tinggi dan protein yang bagus.

Bisanya makanan ini dijadikan pendamping Voor namun perannya juga sangat penting. Selain menjadi makanan sayuran dan buah-buahan bisa menjadi minuman juga. Oleh karenanya harus digunakan jika ingin ternak jangkrik berjalan dengan optimal.

itulah cara ternak jangkrik dari awal sampai panen untuk menghasilkan uang. Disana telah dibahas mulai dari penempatan kandang, pengelolaan kandang dan pakan ternak jangkrik supaya mendapatkan keuntungan dari ternak jangkrik.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

8 comments

  1. Baru tahu kalo jangkrik ternyata bisa makan voor.
    Trimakasih gan.

    ReplyDelete
  2. Saat mencari sumber referensi tentang tata cara ternak jangkrik, akhirnya saya menemukan artikel ini. Simple dan jelas.
    Saat ini saya sedang mengembangkan usaha ternak jangkrik.
    Terima kasih atas informasinya

    ReplyDelete
  3. Rencana saya mau ternak jangkrik buat dijadikan bisnis sampingan... Kira2 idealnya lebar dan kandang kandangnya berapa kali berapa ya gan?

    ReplyDelete
  4. Min mau tanya cara membedakan jangkrik jantan dan betina bagaimana?

    ReplyDelete
  5. Sama-sama gan. kandungan gizi di dalamnya cukup untuk membantu pertumbuhan jangkrik gan

    ReplyDelete
  6. Sama-sama semoga usahanya lancar ya

    ReplyDelete
  7. Untung lebar kandang bisa sesuaikan dengan lahan yang ada, jika untuk bisnis sampingan tidak usah terlalu wah dulu, tahap coba-coba aja dulu

    ReplyDelete
  8. Cara mudah yang biasa saya lakukan adalah dengan melihat bagian ekornya, Biasanya jangkrik betina memiliki tiga buah ekor sedangkan jangkrik jantan hanya memiliki dua buah ekor saja.

    ReplyDelete

Post a Comment