Script Menghitung Rumus lingkaran Otomatis dengan Bahasa Pemograman C++ Beserta Dengan Penjelasan Coding Disetiap Baris

 mashendra.com Dalam Bahasa Pemograman C++ Kita bisa membuat sebuah program untuk menghitung sebuah rumus dengan otomatis. Dan lama contoh ini kita akan membuat program untuk menghitung lingkatan secara otomatis dengan menggunakan bahasa pemograman.

Catatan pastikan anda sudah bisa menggunakan aplikasi Text editor untuk membuat aplikasi mengitung lingkaran secara otomatis baik dari text editornya maupun compilernya

INTRO 

C++ adalah bahasa pemrograman komputer yang dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup pada tahun 1983. C++ adalah bahasa yang berbasis C, sehingga sangat mirip dengan C. Namun, C++ dikembangkan untuk memberikan fitur-fitur tambahan seperti pemrograman berorientasi objek, template, exception handling, dan dukungan untuk pemrograman generik.

C++ digunakan untuk membuat aplikasi desktop, game, sistem operasi, perangkat lunak perangkat keras, perangkat lunak embedded, aplikasi mobile, sistem kontrol, dan banyak lagi. C++ juga digunakan dalam bidang pembuatan alat pengembangan perangkat lunak seperti kompiler, debugger, dan perpustakaan.

C++ dikenal dengan kontrol yang baik dari memori, kinerja yang tinggi, dan kontrol yang baik dari prosesor. C++ juga menawarkan dukungan untuk pemrograman berorientasi objek, yang memungkinkan pengembang untuk membuat kode yang lebih terstruktur dan mudah dikelola. C++ juga menyediakan fitur yang fleksibel dan kuat seperti operator overloading, pembuatan template, dan pembuatan kelas.

Langsung saja kita masuk ke tutorialnya cara membuat secript menghitung lingkaran otomatis menggunakan bahsa pemograman C++

Untuk membuat rumus lingkaran di C++, Anda dapat menggunakan rumus π x r^2 untuk menghitung luas lingkaran. Rumus ini menghitung luas lingkaran dengan mengalikan jari-jari (r) dengan π (3,14 atau menggunakan library math.h) . Anda juga dapat menggunakan rumus 2πr untuk menghitung keliling lingkaran. Berikut ini adalah contoh kode C++ untuk membuat program yang menghitung luas dan keliling lingkaran.

Contoh secript C++ untuk menghitung lingkaran



Script C++ 
#include <iostream>
#include <cmath> //include library math.h

using namespace std;

int main() {
    double jari, luas, keliling;
    const double pi = 3.14; //set pi value

    cout << "Masukkan jari-jari lingkaran: ";
    cin >> jari;

    //hitung luas lingkaran
    luas = pi * pow(jari, 2);
    cout << "Luas lingkaran adalah: " << luas << endl;

    //hitung keliling lingkaran
    keliling = 2 * pi * jari;
    cout << "Keliling lingkaran adalah: " << keliling << endl;

    return 0;
}


Pada kode di atas, kami menggunakan library cmath untuk mengakses fungsi pow() yang digunakan untuk menghitung pangkat. Kami juga menetapkan konstanta pi dengan nilai 3,14 dan meminta jari-jari lingkaran dari pengguna. Kemudian kami menghitung luas lingkaran dengan mengalikan pi dengan jari-jari kuadrat, dan menghitung keliling lingkaran dengan mengalikan 2 dengan pi dan jari-jari. Hasil akhir dari luas dan keliling ditampilkan pada layar. 


Tips "Gunakan lah text editor Vscode agara memudahkan anda pada saat menjalankan program"

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Script Menghitung Rumus lingkaran Otomatis dengan Bahasa Pemograman C++ Beserta Dengan Penjelasan Coding Disetiap Baris "

Post a Comment