Cara Membedakan Jangkrik Jantan Dan Betina

Membedakan jangkrik jantan dan betina memang susah susah gampang sebenarnya. Mengapa? Karena jika anda tidak pernah atau masih pemula saat mengelola jangrik maka saya jamin akan bingung mana membedakan mana jangkrik jantan dan betina.

Untuk membedakan keduanya tidak sulit karena tidak ada perbedaan-perbedaan rumit. Hanya perbedaan kecil saja yang ada pada serangga yang biasa dijadikan pakan hewan peliharaan.

Bagaimana cara membedakan kelamin jangkrik jantan dan betina?

Sekilas memang tidak ada perbedaan diantara keduanya. Tapi masa iya tidak ada jangkrik jantan dan betina, kan gak mungkin. Diantaranya pasti ada perbedaan mulai dari dasar hingga beberapa hal yang harus anda perhatikan.

Untuk memberikan pengetahuan lebih, pada artikel ini akan jelaskan perbedaan jangkrik jantan dan betina. Bagi yang penasaran langsung cek saja dalam list berikut ini.

Untuk bisa mengetahui mana jangrik jantan dan betina alangkah baiknya menuggu saat sudah dewasa atau sudah siap di panen. Jika memaksakan saat masih kecil maka harus memiliki alat bantu seperti microskop untuk menentukan jenis kelaminnya.

Untuk itu tunggulah jangrik dewasa atau bisa dikatakan berumur kurang lebih 25-30 hari atau 1 bulan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut adalah pembahasan lengkapnya.

Perbedaan Jangkrik Jantan dan Betina

Cara Membedakan Jantik Jantan dan Betina
Cara Membedakan Jantik Jantan dan Betina
  • Perbedaan pertama bisa ditentukan dari bentuk tubuh, umumnya jangkrik jantan memiliki tubuh yang kecil serta ramping dibandingkan dengan jangkrik betina.
  • Biasanya jantik jantan yang sudah berumur kurang lebih 1 bulan sudah memiliki bulu yang kasar. Sedangkan untuk jangrik betina memiliki bulu yang halus meski sudah dewasa.
  • Jika memaksakan melihat perbedaan jenis kelamin saat jangkrik masih kecil bisa coba lihat pantatnya, jantan biasanya tidak memiliki sungut yang panjang sedangkan jangkrik betina memilikinya.
  • Selanjutnya coba lihat pada bagian ekornya, Jangkrik jantan memiliki 2 ekor sedangkan jangkrik betina memiliki 3 ekor.
  • Umumnya jangkrik jantan lebih sering mengeluarkan suara, hal ini biasanya terjadi ketika musim kawin. Jangkrik jantan akan mencoba untuk memberikan rayuan kepada jangkrik betina agar megeluarkan suara.

Bagaimana apakah masih penasaran untuk membedakan jangrik betina dan jantan? Jika dilihat secara kasat mata mungkin sulit tapi jika sudah lama kelamaan anda akan mengerti hanya dengan sekali lihat.

Hal pertama yang harus diingat adalah membedakan dari bentuk tubuh (bagian pantatnya), kemudian lihat juga bulu dan terakhir perhatikan suaranya. Itulah cara mudah dan singkat untuk menentukan perbedaan jangrik jantan dan betina.

Tinggalkan komentar